Senin, 16 November 2009

HATI-HATI DAJJAL

DAJJAL
Sekelumit keterangan tentang pemahaman Ahlus Sunnah tentang Dajjal. Sebagai bahan pengetahuan sebagai motivasi untuk menemukan keterangan yang lebih banyak lagi bagi anda saudaraku,.....!

1.Siapakah Dajjal ?
Dajjal adalah seorang anak Adam yang memiliki ciri-ciri yang sangat jelas, akan dapat dikenali oleh setiap mukmin apabila ia ( Dajjal ) telah keluar, sehingga mereka tidak terkena fitnahnya. Fitnah Dajjal adalah fitnah yang paling besar di muka bumi.
2.Diantara ciri-ciri Dajjal
Seorang yang masih muda, wajahnya merah, penpendek, kakinya bengkok, rambutnya keriting, mata sebelah kanannya buta ( menonjol keluar ) bagaikan buah anggur yang mengapung,di atas mata kirinya ada daging tumbuh, tertulis antara kedua matanya Kafir ( ) dapat dibaca oleh setiap mukmin yang bisa baca tulis dan tidak bisa baca tulis. Dajjal adalah seorang yang mandul tidak mempunyai anak.( Silahkan baca HR. Al Bukhari no. 7131,7408, Muslim no. 2933, Abu Dawud no 4316, 4318, At Tirmidzi 2245, Ahmad III/103,173,276, 290.)
3.Tempat keluarnya Dajjal
Dajjal akan muncul dari arah timur dari Khurasan ( sekarang terletak di Iran Timur )dengan diiringi oleh 70.000 orang Yahudi Ashbahan ( sebuah kota di tengah Iran ) Silahkan baca HR. Muslim no. 2944, Ahmad no. 13277
4.Tempat yang dimasuki Dajjal
Dajjal berjalan di muka bumi dengan cepat seperti hujan yang ditiup angin, ia masuk ke setiap negeri kecuali Makkah dan Madinah karena ( kedua kota ini ) di jaga oleh para Malaikat. Ketia ia tidak dapat masuk ke Madinah, maka kota madinah berguncang tiga kali , lalu keluarlah ( dari kota madinah ) orang-orang kafir dan munafik, kaum munafik laki-laki dan perempuan keluar menuju Dajjal. Silahkan baca HR> Al Bukhari no. 1881, Muslim no. 2943, Ahmad III/191,206, 238, 292.dari sahabat Annas bin Malik. Dalam riwayat lain, keluarlah orang munafik laki-laki dan perempuan, dan fasik laki-laki dan perempuan menuju Dajjal, itulah Yaumul Khalsh ( hari pembebasan ) Silahkan baca HR> Ahmad IV/ 338 dan Hakim IV/543 dari sahabat Mihjan bin al Adru’ .Diriwayat lain Dajjal tidak dapat masuk ke empat masjid yaitu ,Masjd al Haram,Masjid Nabawi, Masjid al Aqsha, dan Masjid ath Thuur. Silahkan baca HR> Ahmad( Majma’uz zawaa-id VII/343), Fathul Baari XIII/105)
5.Keberadaan Dajjal di muka bumi
Dajjal berada di muka bumi selama 40 hari. Sehari seperti setahun,sehari seperti sebulan, sehari seperti seminggu, dan sisanya seperti hari-hari biasa. Silahkan baca HR. Muslim no. 2937. Abu Dawud no. 4321.
6.Fitnah Dajjal
Fitnah Dajjal merupakan fitnah yang paling besar sejak Alloh ciptakan Adam sampai hari Kiamat. Silahkan baca HR. Muslim no. 2946 dari sahabat ‘Imran bin Husain r. Dajjal membawa dua sungai yang mengalir, salah satunya terlihat air putih \, dan yang lainnya terlihat api yang menyala-nyala, apabila seseorang mendapati hal itu hendaklah ia masuk ke sungai yang tampak api. Pejamkan mata, tundukkan kepala, minumlah ! itu adalah air yang sejuk. Silahkan baca HR. Muslim no. 2934/ dari sahabat Hudzaifah r. Dajjal mengaku sebagai rabb. Menyuruh hujan untuk turun, lalu turunlah hujan, menyuruh bumui menumbuhkan tanaman,lalu tumbuhlah tanaman, menghidupkan orang mati dan yang lainnya sebagai fitnah bagi kaum muslimin. Silahkan baca HR. Muslim no. 2937.
7.Dibunuhnya Dajjal
Dajjal akan dibunh oleh Nabi ‘Isa Asdi di Bab Ludd ( suatu desa di dekat Baitul Maqdis, di Palestina. Silahkan baca HR. At-Tirmidzi no. 224,Ibnu Hiban no. 1901.dan lainnya.
8.Penjagaan dari fitnah Dajjal
1.Berlindung kepada Allah dari fitnahnya( Dajjal ), setiap selesai dari tasyahud akhir setiap shalat. Silahkan baca HR. Muslim no.588( 130) dari sahabat Abu Hurairah r.
Do’a perlindungan silahkan baca HR. Muslim no.588 ( 128 ) dari sahabat Abu Hurairah r.
2.Menghapal sepuluh ayat pertama dari surat al Kahfi. silahkan baca HR. Muslim no.809 dan Ahmad VI/447 dari Saahabat Abu Darda’ r. Dan HR. Muslim no. 2937(11o) Abu Dawud no. 4321. Dari an-Nawwas bin Sam’an al- Kilabi.Dll
3.Menjauhi tempat fitnah dan tidak mengikutinya
4.Tinggallah di kota Makkah dan atau di Kota Madinah
Perkataan al Qodhi Iyad rhmllah “ Hadits-hadits tentang Dajjal merupakan hujah Ahlus Sunah tentang keshahihan adanya Dajjal. Bahwa ia merupakan sosok tertentu yang dengannya Alloh menguji para Hamba-Nya
Bagi anda yang mengingkari pemahaman ini anda tergolong kaum Khawarij dan atau Jahmiah serta sebagian Mu’tajilah ( Lihat Syarah Shahih Muslim XVIII/58 )

Dikutip dari : Syarah Akidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah
Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Penrbit. Pustaka Imam asy-Syafi’i